ATM (Automatic Teller Machine)









 


      Bagi kamu yang sudah mempunyai tabungan di bank entah itu di bank milik pemerintah atau milik swasta tentunya kenal dengan kartu ATM, karena pada saat pertama kali membuka tabungan atau membuka rekening di suatu bank akan dijelaskan oleh bagian Customer Service nya mengenai produk dan layanan yang disediakan oleh bank tersebut, dan salah satunya adalah ATM. Tapi terkadang Customer Service tidak menjelaskan secara rinci apa itu ATM. Dibawah ini akan dijelaskan secara rinci mengenai ATM.

        Pengertian
  
     ATM dalam bahasa Inggris dikenal dengan Automatic Teller Machine atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. ATM merupakan alat elektronik yang diberikan oleh bank, kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertansaksi secara elektronik seperti mengecek saldo, mentransfer uang dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilayani seorang teller. Setiap pemegang kartu diberikan PIN atau nomor pribadi yang sifatnya rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM.

     ATM yang dilengkapi dengan kartu plastik diterbitkan oleh lembaga keuangan (Bank) yang disebut kartu ATM . Kartu ATM yang dikeluarkan oleh pihak bank biasanya sudah menetapkan batas jumlah penarikan atau transaksi tunai maksimum. Batas penarikan ATM ditetapkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya kerusakan pada perangkat ATM, selain itu batas jumlah penarikan diterapkan untuk mengantisipasi kelebihan penyediaan uang tunai dalam ATM.

      Kegunaan Kartu ATM





     
     Kartu debit dan kartu ATM berguna sebagai alat bantu untuk melakukak transaksi dan memperoleh informasi perbankan secara elektronis. Jenis transaksi yang tersedia antara lain:
  1. Penarikan tunai
  2. Setoran tunai
  3. Transfer dana
  4. Pembayaran
  5. Pembelanjaan 
     Jenis informasi yang tersedia berupa, informasi saldo dan kurs.

     ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi yang strategis, seperti restoran, pusat perbelanjaan, bandar udara, pasar, dan kantor-kantor bank intu sendiri. ATM terdiri dari beberapa perangkat yaitu:
  1. Perangkat keras
  2. Perangkat lunak 
  3. Penggunaan
  4. Alternatif penggunaan
     Ada kepuasan bagi nasabah bila bertransaksi melalui ATM, yaitu:
  1. Kemudahan penggunaan jasa perbankan
  2. Keleluasan waktu pelayanan
  3. Kecepatan dan ketetapan pelayanan
  4. Keamanan pelayanan
  5. Keanekaragaman jenis pelayanan
      Di Indonesia ATM baru dikenal sekitar sepuluh tahun yang lalu, adapun latar pembentukan ATM ini dilakukan oleh sektor perbankan yang bertujuan:
  1. Untuk meningkatkan pelayanan
  2. Untuk menunjang bisnis riteil
  3. Untuk menghadapi tekhnologi informasi perbankan antar bank
  4. Kebutuhan masyarakat dan keterbatasan waktu
  5. Sebagai saran promosi
      Selain itu manfaat yang dirasakan dari nasabah untuk pelayanan ATM tersebut adalah:
  1. Melakukan pelayanan sendiri
  2. Dapat melakukan transaksi perbankan tunai maupun non tunai tanpa harus mendatangi kantor cabang yang dituju
  3. Dapat melakukan transaksi perbankan tanpa dibatasi waktu dan tempat, karena layanan ATM online selama 24 jam  
  4. Tidak perlu menyimpan uangkas terlalu banyak. Sedangkan manfaat bagi pihak bank sendiri yaitu mampu membuka peluang munculnya produk dan jasa baru, sebagai media promosi, mengoptimalkan jaringan komunikasi, mendorong nasabah agar lebih aktif  menggunakan jasa perbankan

















2 komentar:

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin ATM, tau nggak sih temen-temen kalo ternyata menggunakan ATM itu malah bikin seseorang jadi boros. Penasaran kenapa bisa gitu? Yuk cek selengkapnya di tulisan yang baru aja saya temuin ini: gunakan ATM bikin boros

    BalasHapus

Kasih Makan Ikan

About